Terdapat beberapa perlombaan yang diselenggarakan oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni Itenas dalam serangkain hari kemahasiswaan bertemakan Sinergi dalam Kreasi dan Inovasi, salah satunya adalah lomba kreasi filter Instagram Story. Tidak dapat dipungkiri, Instagram merupakan salah satu platform yang sangat diminati oleh banyak orang. Dengan banyak fitur yang disediakan oleh Instagram, fitur fitur ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai platform sosialisasi, namun juga sebagai wadah untuk berkarya bagi para creator. Salah satunya adalah fitur filter pada Instagram Story yang bisa dengan mudah di buat oleh para pengguna Instagram dengan aplikasi khusus. Lomba kreasi filter Instagram Story ini diharapkan dapat menjadi ajang kompetisi bagi para mahasiswa untuk berkarya dengan memanfaatkan fitur sosial media yang digunakan setiap harinya.

Lomba kreasi filter Instagram Story ini diperuntukkan khusus untuk mahasiswa aktif dari Perguruan Tinggi manapun se-Indonesia dengan tema: “Eco-Lifestyle” (Gaya Hidup Ramah Lingkungan). Perlombaan ini tidak dipungut biaya apapun dan akan dibuka dari tanggal 3 Desember 2020 hingga batas akhir pengumpulan pada tanggal 8 Desember 2020 dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  1. Peserta khusus untuk mahasiswa aktif Perguruan Tinggi manapun se-Indonesia (perorangan).
  2. Tiap peserta dapat mengirim maksimal 2 karya.
  3. Konten tidak mengandung unsur SARA, etnis, pornografi, kampanye politik, serta pesan negatif dan menyerang kelompok tertentu.
  4. Karya yang diikutsertakan menjadi hak milik peserta, namun panitia berhak menggunakannya untuk kebutuhan publikasi dan lainnya.
  5. Karya para pemenang akan dipublikasikan dan ditampilkan di akun resmi Instagram Itenas, serta saat kegiatan seremonial puncak (11 Desember 2020).
  6. Tema “Eco-Lifestyle” (Gaya Hidup Ramah Lingkungan).

Adapun ketentuan dari teknis pengerjaan dan pengumpulan sebagai berikut :

  1. Filter dibuat menggunakan software Spark AR https://sparkar.facebook.com/ar-studio
  2. Berikut spesifikasi minimum perangkat laptop/PC yang disarankan untuk instalasi software Spark AR https://sparkar.facebook.com/ar-studio/learn/downloads/#system-requirements
  3. Konten grafis yang dipergunakan harus bersifat Creative Commons atau dirancang sendiri.
  4. Filter yang dibuat harus memuat teknik Face Tracking, sebagai salah satu fitur utamanya.
  5. File yang dikumpulkan:
    1. File project berbentuk .AREXPORT (https://sparkar.facebook.com/ar-studio/learn/publishing/exporting-spark-ar-effects)
    2. Video Preview mockup/prototipe Filter: durasi maks. 1 menit, kualitas video 480p, format MP4, ukuran maks. 30 Mb
  6. Format nama file: lombaFilterIG_nama peserta_nama karya

Kriteria penilaian peserta dilihat dari orisinalitas, interaktivitas, kreativitas dan kesusaian karya pada tema. Hasil karya akan dinilai oleh para akademisi dan prakitisi Desain Komunikasi Visual.

Pemenang akan dihadiahi Uang Pembinaan :
Juara 1 : Uang Pembinaan sebesar 1.200.000
Juara 2 : Uang Pembinaan sebesar 1.000.000
Juara 3 : Uang Pembinaan sebesar 700.000

Daftarkan segera data pribadi dan karya anda di link berikut :

https://forms.gle/TJiSpeASEUVe3V6Y7