Jakarta, 5 Mei 2023 – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan senantiasa berkomitmen besar untuk ambil bagian mempersiapkan masa depan Indonesia. Kali ini, LPDP resmi meluncurkan program kegiatan 5ME2045: LPDP Business Competition pada Jumat (5/5).

Five Million Entrepreneurs atau disingkat 5ME adalah target capaian LPDP Business Competition untuk menciptakan 5000 pengusaha di tahun 2045 mendatang.

Terdapat dua kategori bisnis yang diadakan dalam LPDP Business Competition 2023, yaitu Business Initiation Plan dan Business Growth Plan.

Kategori Business Initiation Plan diperuntukan untuk pengusaha yang memiliki ide atau rencana bisnis dan sudah menjalankannya maksimal selama dua tahun.

Sedangkan Business Growth Plan diperuntukkan untuk pengusaha yang bidang usahanya sudah berjalan lebih dari dua tahun dan memiliki potensi untuk lebih berkembang lebih besar. Peserta di kategori ini juga diminta untuk menunjukkan bisnis dan strategi pertumbuhannya yang jelas dan terperinci.

Ada banyak tema bisnis yang bsia diikuti di LPDP Business Competition 2023. Terdiri dari lingkungan, kesehatan, teknologi, pendidikan, bioteknologi, budaya dan pariwisata, industri kreatif, pertanian, peternakan, dan perikanan.

Kegiatan Kompetisi Bisnis LPDP ini terbuka luas bagi umum. Tidak hanya para awardee dan alumni penerima beasiswa LPDP, para pelajar SMA/SMK/MA/sederajat, mahasiswa, dan umum juga boleh mengikuti kompetisi ini. 

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto mengatakan, kegiatan Kompetisi Bisnis ini selain membantu meningkatkan kapasitas SDM bangsa juga diharapkan menjadi titik temu ekosistem kewirausahaan baru. 

“Pada gilirannya juga sekaligus dapat menciptakan ‘melting pot’ yang terdiri dari komunitas wirausaha, inkubator, akselerator, dan investor di Indonesia baik sektor privat maupun publik” ujarnya dalam sambutan Grand Launching LPDP Business Competition 2023.

Semakin banyaknya wirausaha di Indonesia, maka semakin besar pula peluang untuk menciptakan inovasi dan lapangan kerja baru, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rendahnya Keinginan Berwirausaha

Indonesia dengan populasi penduduk mencapai 275 juta jiwa berada di peringkat 16 besar perekonomian dunia. Potensi perekonomian Indonesia diprediksi akan bertumbuh pesat di masa mendatang.

Lembaga terkemuka seperti McKinsey Global Institut menempatkan Indonesia di peringkat ketujuh dunia di bidang perekonomian pada 2030. Senada, PricewaterhouseCoopers (PwC) memproyeksikan Indonesia akan menempati peringkat empat di Bidang Ekonomi Dunia pada tahun 2050 nanti.

Di sisi lain, penelitian oleh The Global Entrepreneurship and Development Institute pada 2019 menunjukkan tingkat kewirausahaan Indonesia masih menduduki peringkat 75 dari 137 negara. Keinginan berwirausaha di kalangan alumni penerima beasiswa LPDP sendiri juga rendah. Data tracer alumni tahun 2020 mengungkap hanya tujuh persen dari total alumni LPDP yang memiliki usaha. 

Hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah yang besar apabila ingin mencapai lompatan ekonomi di masa mendatang.

Untuk itulah LPDP turut memfasilitasi masyarakat Indonesia dalam mengembangkan ide-ide bisnis yang kreatif dan inovatif untuk membantu meningkatkan kualitas kewirausahaan di Indonesia.

Agar Kemakmuran Ekonomi Indonesia Merata

Direktur Beasiswa Dwi Larso mengatakan Indonesia memerlukan wirausahawan yang bisnisnya berbasis opportunity base yaitu bisnis yang didukung oleh teknologi, pengetahuan, jejaring aspek modal, dan SDM. 

Indonesia yang merupakan negara kepulauan harus menghadirkan demokrasi ekonomi. Pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru harus tercipta di luar Pulau Jawa apabila ingin negara menjadi maju. Di sinilah peran dan semangat entrepreneurship untuk memunculkan bisnis-bisnis baru yang memakmurkan.

“Orang-orang entrepreneur yang memunculkan bisnis-bisnis baru ini yang kita sebut sebenarnya sebagai demokrasi ekonomi. Jangan sampai ekonomi itu hanya dikuasai oleh segelintir orang, tapi bisa menyebar lebih merata.” tutur Dwi Larso yang turut hadir dalam pembukaan 5ME2024: LPDP Business Competition.

Dengan mengikuti program seperti LPDP Business Competition, model bisnis yang inovatif, berdaya saing, dan bisa membuka lapangan kerja tentunya dapat tercapai guna mempercepat pemerataan ekonomi Indonesia.

Kegiatan Kompetisi Bisnis LPDP ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan “LPDP Festival” yang puncaknya akan dilaksanakan di bulan Agustus 2023.

Pendaftaran LPDP Business Competition 2023 dibuka dari tanggal 2 sampai 31 Mei 2023. Anda bisa mendaftarkan diri maupun bersama tim dengan anggota maksimal sebanyak tiga orang. Tata cara, persyaratan, pendaftaran, dan ketentuan LPDP Business Competition 2023 dapat dilihat dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Acara grand launching 5ME2024: LPDP Business Competition juga dapat disaksikan ulang melalui kanal YouTube LPDP RI.

Sumber : LPDP Business Competition: Majukan Ekonomi Indonesia dengan Ciptakan 5000 Pengusaha Baru (kemenkeu.go.id)