Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia kembali menyelenggarakan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa Ke-4 Tahun 2023 (LIDM-04/2023). Penyelenggaraan kegiatan LIDM-04/2023 Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemdikbudristek-RI menjalin kemitraan dengan Universitas Pendidikan Indonesia sebagai tuan rumah. LIDM-04/2023 ditujukan secara umum untuk meningkatkan literasi digital mahasiswa. Tujuan khusus LIDM04/2023 adalah mengembangkan inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran melalui penerapan teknologi digital. Sebagaimana pada tahun sebelumnya, LIDM-04/2023 memperlombakan 5 (lima) divisi karya-karya inovasi pendidikan dan pembelajaran, yaitu terdiri dari:

  1. Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan
  2. Divisi Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan
  3. Divisi Video Digital pendidikan
  4. Divisi Poster Digital
  5. Divisi Microteaching Digital

Melalui ajang kompetisi talenta nasional Lomba Inovasi Digital Mahasiswa ke-4 Tahun 2023 (LIDM-04/2023) ini, diharapkan mahasiswa Indonesia berperan aktif memajukan pendidikan Indonesia berkelanjutan (ESD) melalui penerapan teknologi digital untuk menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran sehingga literasi digital dapat tumbuh dan berkembang di dunia pendidikan. Dengan demikian, LIDM-04/2023 mengusung tema “Literasi digital untuk menumbuhkembangkan talenta pendidikan nasional menuju Indonesia Maju dengan tatanan kehidupan baru.

PERSYARATAN UMUM

Kepesertaan LIDM dapat diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek RI. Perguruan tinggi yang menjadi peserta LIDM dilakukan klasterisasi kuota oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Puspresnas untuk menjaga mutu/kualitas usulan dan memberikan akses pemerataan peserta kepada seluruh Perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Klasterisasi kuota dilakukan dengan cara mengevaluasi rekam jejak kepesertaan dan peringkat perguruan tinggi pada penyelenggaraan LIDM sebelumnya.

LINK PENDAFTARAN 
lidm.kemdikbud.go.id

Segera daftarkan dirimu dan lihat buku panduan disini

Adinda/BKA