University Business Case Competition adalah kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh Grab Indonesia untuk membantu UMKM untuk mulai berbisnis secara online dan menggunakan teknologi untuk mengembangkan bisnis mereka. Dalam hal ini, untuk membantu UMKM mendaftar dan menjalankan bisnis mereka melalui aplikasi GrabMerchant. Karenanya, itu dapat membantu UMKM meningkatkan pendapatan dan menjadikan mereka lebih mandiri, ulet, dan berkelanjutan terutama selama masa pandemic.

Detail Program

  1. Memulai program yang bertujuan untuk membantu UMKM menjadi online (melalui aplikasi GrabMerchant) dalam rangka mengembangkan pasar dan meningkatkan pemasukan mereka, agar dapat bertahan khususnya pada masa pandemi ini. Juga sejalan dengan visi nasional “Digital Energy of Asia
  2. Program terdiri atas 3 (tiga) tema utama,
  • Empowering : mendorong beberapa UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka dan mengguakan teknologi untuk menyesuaikan kepada “new era” dalam menjalankan bisnisnya.
  • Nurturing : Membantu UMKM untuk beradaptasi dengan penggunaan teknologi dan berhubungan dengan manajemen bisnis.
  • Grow : Meningkatkan penghasilan dan presepsi teknologi untuk membuat bisnis yang berkelanjutan.
  1. Program harus berdampak pada indikator :
  • Technology use : Penyesuaian berhasil dan dapat digunakan untuk basis harian dalam menjalankan bisnis, maksudnya aberhasil untuk membantu mendaftarkan beberapa UMKM sebagai mitra GrabMerchant.
  • Sustainability : UMKM harus memiliki transaksi melalui aplikasi tersebut. Maksudnya berhasil untuk meningkatkan pemasukan mereka.
  1. Durasi implementasi program adalah 3 bulan.
  2. Buat matriks kunci keberhasilan yang terdiri atas target dan sasaran setiap bulan selaras dengan program yang diusulkan secara objektif.

Persyaratan

  1. Daftar melalui tautan https://grb.to/RegistrasiUMKMTangguh
  2. Submit proposal program dengan ketentuan :
  • Proposal dibuat dengan PowerPoint dengan format ukuran Widescreen 16:9 dan ditulis dengan Bahasa inggris.
  • Nama file : UBC_Group Name
  • Proposal maksimal terdiri atas 15 slides dan berisi : Program Name, Background understanding, Objectives, Deliverables, Expected timeline, and Monthly Key Success Metrics.
  1. Upload poster UBC ke Instastory dengan tagar #UBCGrabMerchantID2021

Peserta

Mahasiswa di perguruan tinggi seluruh Indonesia

Satu grup berisi 3-6 orang yang mewakili Fakultas, Komunitas, atau Organisasi dari Univeritas yang sama

Timeline :

Pendaftaran : 21 November – 05 Desember 2021

Evaluasi : 08 Desember 2021

Eksekusi Program : Desember 2021

Progress Update : 8 Januari dan 8 Februari 2022

Presentasi Final : 11 Maret 2022

Hadiah

  • Juara pertama Rp. 10.000.000.
  • Juara kedua Rp. 5.000.000
  • Juara ketiga Rp. 3.000.000
  • 3 Tim terbaik akan mendapat kesempatan untuk program magang di Grab Indonesia 2022
  • Kamu akan presentasi kepada pimpinan Grab dan mendapat sesi feedback yang berharga dari pimpinan.
  • Kesempatan untuk memulai Business Case yang sebenarnya berdasarkan program yang selaras dengan visi nasional “Digital Energy of Asia”.

Informasi selengkapnya :

grb.to/UBC2021
CP: Tiara (+6285771242972)