Program Kreativitas Mahasiswa Itenas 2021 (PROKIMNAS) merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang tergabung dalam Hari Kemahasiswaan dan Karir. Kegiatan Prokimnas dibuka dengan webinar pelatihan yang dilaksanakan pada hari rabu, 15 september 2021. Prokimnas ini diadakan sebagai wadah untuk mahasiswa/i menyalurkan kreativitasnya dalam mengkaji, mengembangkan dan menerapkan teknologi yang telah dipelajari selama masa perkuliahannya dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendikiawan, wirausahawan yang mandiri dan arif.

Prokimnas yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini dikelompokkan menjadi 3 (tiga), yaitu :

  1. Prokimnas 5 Bidang : Prokimnas-R, Prokimnas-K, Prokimnas-PM, Prokimnas-PI, dan Prokimnas-KC
  2. Prokimnas-Gagasan Futuristik Konstruktif (Prokimnas-GFK)
  3. Prokimnas-AI dan Prokimnas-GT

Webinar pelatihan ini mengundang bapak Dr. Tendy Y. Ramadin sebagai narasumber, beliau merupakan dosen ITB dan salah satu juri PKM yang dilaksanakan oleh Dikti. Materi webinar yang disampaikan mengenai “Mem-bumi-kan sains, rekayasa dan seni budaya, dialog antara sinergi, kompetisi, dan prestasi akademik bagi mahaswa itenas”. Dalam webinar tersebut pak Tendy menjelaskan untuk mengembangkan  kreatifitas kita harus berfikir without the box dan melatih skill of thinking. Dijelaskan juga contoh-contoh hasil dari PKM2 sebelumnya dari setiap bidang dan penjelasan singkatnya.

Karya-karya PKM yang unggul, yaitu yang tidak biasa, dan juga menarik. Karya yang dapat mengikuti PKM tidak hanya mengenai teknologi dan menghasilkan produk, tetapi juga bisa menghasilkan jasa selama karya tersebut bersifat objektif dan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kesalahan-kesalahan umum yang biasanya terjadi Ketika pengumpulan berkas adalah kelebihan halaman, lupa ditandatangani pada bagian CV.

“Selama karya yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menjadi amal shalih, terus lanjutkan” ucap bapak Tendy.

Annisa’ Rahmawaty/BKA