Kompetisi GIS SuperMap merupakan sebuah perlombaan yang diperuntukkan untuk mahasiswa dalam menggunakan teknologi SuperMap untuk merancang suatu proyek GIS yang inovatif. Kompetisi ini memberikan mahasiswa kesempatan dalam mempelajari teknologi GIS, memperkuat keterampilan pemrograman aplikasi serta menumbuhkan kemampuan inovatif dan semangat kolaboratif. SuperMap GIS Contest 2020 ini diselenggarakan oleh The GeographIcal Society of China, China Association for Geospasial Information Society, dan SuperMap Software Co., Ltd dan diikuti oleh berbagai mahasiswa aktif dari penjuru dunia. Terdapat 4 kategori kontes umum yang diajukan pada SuperMap GIS Contest 2020, yaitu Kategori Mapping, Kategori Application Analysis, Kategori Paper, dan Kategori Development.

Berbeda dari tahun tahun sebelumnya, Indonesia bersama dengan SuperMap yang sudah kali ke 18 mengadakan GIS Contest ini, akhirnya mengadakan sebuah event internal yaitu Indonesia GIS Contest 2020 yang pada dasarnya tidak terlepas dari kompetisi utama SuperMap GIS Contest HQ Beijing, 2020. Kategori perlombaan dari event ini menyesuaikan dengan kondisi sebenarnya dari penggunaan software SuperMap itu sendiri di Indonesia. Kategori perlombaan dibagi menjadi 4 kategori, yaitu kategori Mapping, kategori Application Analysis, Dashboad Design Category dan GIS Video Campaign. Indonesia hanya mengirimkan peserta pada kategori Dashboad Design Category dan GIS Video Campaign.

Tim mahasiswa Institut Teknologi Nasional Bandung yang mengikuti perlombaan ini pun berhasil meraih Juara 1 pada Indonesia GIS Contest Kategori Application Analysis dan Kategori Dashboard Design serta Juara Harapan pada SuperMap GIS Contest Kategori Application Analysis.

Dengan itu kami ucapkan selamat setinggi tingginya kepada para Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Bandung yang meraih juara sebagai berikut:

  1. Bintang Putra Damaryani Program Studi Teknik Geodesi.
  2. Danang Dwi Nugroho Program Studi Teknik Geodesi.
  3. Achmad Rizky Program Studi Teknik Geodesi.

Selamat bagi mahasiswa diatas, tetaplah berprestasi dan berkarya.

http://www.giscontest.com/en/list-39.aspx

(Puspa/BKA)